Posted by : Unknown Sunday, December 4, 2011


Halo agan - agan yang saya hormati, ane ingin berbagi sesuatu tentang sedikit pengetahuan ane ya. Seperti salah satunya artikle yang akan saya jelaskan ini, "Cara mempercepat Kinerja Serial Port". Artikle ini mungkin sangat berguna bagi agan - agan sekalian. Langsung saja gan simak artikle ane.

Cara Mempercepat Kinerja Serial Port

Walaupun saat ini kebanyakan perangkat komputer sudah beralih menggunakan USB, tapi penggunaan port serial masihlah banyak digunakan. Lambatnya koneksi melalui serial port ini terkadang meninbulkan masalah performa antara perangkat yang terhubung melalui serial port. Nah, cara mengatasinya ada sebuah teknnik yang dapat diterapkan untuk mempercepat serial port tersebut.

Nah sekarang agan ane kasih tahu. Caranya adalah dengan membuka jendela kerja Device Manager , dan klik kanan pada serial port yang digunakan dan lalu klik Properties. Dari kotak dialog yang muncul yaitu Communications Port (COM1) Properties klik tab Port Settings. Pada tampilan kotak dialog tersebut adalah nilai default dari serial port tersebut.

Untuk melakukan peningkatan kecepatan, pada bagian bit per second tambahkan nilai transfer port dari nilai defaultnya 9600 menjadi 115.200 bps. Hal ini akan menignkatkan bandwith agan sebesar 12x lipat. Dan bagian Flow Control pilihlah hardware untuk koneksi terbaik melaui serial port tersebut.


Setelah agan melakukan semua pengaturan seperti diatas, klik tombol Advanced dari kotak dialog yang muncul pastikan bahwa nilai untuk Receive buffer maupun Transmit buffer berada pada nilai maksimum. Setelah selesai, agan klik OK saja, dan OK sekali lagi pada
kotak dialog sebelumnya.


Sebagai tambahan aja gan, jika agan mengalami masalah dengan metode ini, kembalikan nilai semua pilihan perubahan yang telah dilakukan ke default dengan mengeklik tombol Restore Default. Atau agan mencoba unutk merubah nilainya secara manual atau satu persatu degan penigkatan sedikit - demi sedikit .

Nah, sekarang agan mungkin bertambah sedikit pengetahuan tentang serial port setelah membaca arrtikle ane ini. Sebenarnya masih ada banyak lagi dari ane gan. Tapi ini dolo lah dari ane, kapan - kapan ane tambahin lagi ya gan. Semoga artikle ini berguna bagi agan - agan sekalian. Dan ane mohon minta komengnnya agan - agan ya. Karena komeng agan sangat penting bagi perkembangan dan kekurangan dari artilke ane ini. Terima Kasih.............

Artikle ini saya tujukan kepada Computing Cup 2011. Semoga artile ini berguna y...

For Banner:


Sumber : Experiment

Leave a Reply

Silahkan berikan komentar disini...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Computing Cup 2011 Banner

Computing Cup Banner

Clock

Calendar

Popular Post

Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing & Tutorial -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by KoplakerZ™ -